6 Tips Memilih Oli Terbaik Untuk Motor Matic Kamu, Jangan Salah!

Agar motor matic kamu tetap awet dan performanya selalu optimal, kamu tidak boleh sembarangan saat memilih oli. Cairan pelumas ini jadi salah satu komponen penting yang menjaga agar mesin motor tetap bersih, dingin, dan halus. Oleh karena itu, kamu perlu memilih oli terbaik untuk motor matic kesayangan kamu. Jangan sampai NXPeople malah menggunakan oli motor manual pada motor matic kamu. Memang, apa perbedaan keduanya?

Perbedaan Oli Motor Matic dan Manual

Oli motor matic tidak bisa digunakan untuk melumasi motor manual, begitu pula sebaliknya. Ini karena kedua oli tersebut memiliki fungsi yang berbeda pada tiap motor. Pada motor manual, oli digunakan untuk melumasi mesin sekaligus transmisi. Sedangkan pada motor matic, bagian mesin dan transmisinya terpisah sehingga tiap bagian memiliki olinya masing-masing.

Cara paling mudah untuk membedakan antara kedua jenis oli adalah dengan melihat label yang tertera pada kemasan oli. Kode yang tertera pada oli motor matic adalah JASO MB, sedangkan kode oli untuk motor manual adalah JASO MA.

6 Cara Memilih Oli Terbaik untuk Motor Matic Kamu

Agar mesin motor matic bisa bekerja secara optimal, kamu harus memilih oli yang tepat. Saat memilih oli terbaik untuk motor matic, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja?

1. Pilih oli yang berkualitas

Pertama, kamu perlu memperhatikan kualitas dari oli yang dipilih. Cara memastikannya pun mudah, kamu hanya perlu melihat adanya kode sertifikat API (American Petroleum Institute), dan kode sertifikat JASO (Japanese Automotive Standard Association) yang tertera pada kemasan. Kedua kode ini masing-masing memastikan bahwa oli telah melewati pengujian kelayakan sesuai dengan standar Amerika (untuk API) atau Jepang (untuk JASO).

Selain itu, pastikan juga bahwa oli yang berada di kemasan adalah oli asli. Selama kamu membelinya di outlet resmi, maka kamu tak perlu khawatir dengan keaslian oli tersebut.

2. Perhatikan kekentalan oli

Kemudian, perhatikan tingkat kekentalan oli dan sesuaikan dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan motor kamu. Untuk tahu kekentalan suatu oli, kamu bisa melihat kode SAE (Society of Automotive Engineering) yang tertera pada kemasan. Lalu, bagaimana cara membaca kodenya?

Anggap saja ada sebuah oli dengan kode SAE 10W-30. Huruf “W” ini merujuk pada “Winter”, yang berarti angka sebelum “W” merujuk pada tingkat kekentalan oli pada suhu dingin. Sedangkan, angka “30” di bagian belakang merujuk pada tingkat kekentalan oli pada suhu tinggi.

3. Pastikan volumenya pas

Jangan lupa, perhatikan juga volume oli yang dibutuhkan untuk melumasi mesin motor matic kamu. Kapasitas oli yang dibutuhkan ini perlu disesuaikan dengan kapasitas mesin itu sendiri. Untuk motor matic dengan kapasitas mesin 150 cc, umumnya volume oli yang dibutuhkan adalah 800 ml. Sedangkan untuk motor matic yang kapasitasnya di atas 150 cc, bisa menggunakan oli dengan volume 1000 ml. 

4. Sesuai dengan usia motor

Saat memilih oli terbaik untuk motor matic kamu, sesuaikan juga dengan usia motor tersebut. Maka dari itu, perhatikan kode API yang tertera pada kemasan. Untuk motor matic keluaran 2010 ke atas, gunakan oli dengan kode API SN. Lalu, gunakan oli dengan kode SM untuk motor matic keluaran 2004-2010, dan kode SL untuk motor keluaran 2001-2004.

5. Baca review online

Sebelum memilih oli yang akan digunakan, tidak ada salahnya jika kamu melihat review performa dari oli tersebut di beberapa platform online. Misalnya, kamu bisa melihat review-nya dalam bentuk video YouTube, komentar di Instagram resmi merek oli, atau pendapat orang-orang yang telah menggunakannya di suatu grup otomotif Facebook.

6. Mintalah pendapat teknisi

Jika kamu sudah menemukan beberapa merek yang cocok, tapi masih bingung memilih di antara merek-merek tersebut, tidak ada salahnya kalau kamu menanyakan pendapat teknisi ahli. Bahkan apabila perlu, mintalah rekomendasi oli terbaik untuk motor matic kamu menurut pendapat mereka sendiri.

 

Memilih oli motor matic terbaik memang tidak mudah. Terkadang, kamu tetap harus mencobanya sendiri sebelum mengetahui bagaimana kualitas dari suatu merek oli. Namun, jika kamu mencari oli yang memaksimalkan kinerja mesin skuter modern kamu, gunakan saja ENEOS NXP!

ENEOS NXP adalah oli terbaik untuk motor matic yang telah dirancang khusus dengan kualitas Jepang. Oli ini sangat cocok untuk motor matic yang kamu gunakan sehari-hari dalam kondisi apa pun. Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk oli dari ENEOS NXP, kunjungi website resminya di sini! Jangan lewatkan juga informasi terbaru dari ENEOS NXP dengan mengikuti Instagram resmi @nxpoilindonesia, ya!