Begini Efek Samping Isi Oli Motor Matic Kebanyakan

Selain mengecek dan mengisi tekanan angin ban, mengganti oli adalah rutinitas perawatan motor matic lainnya yang tidak boleh NXPeople lewatkan. Hal ini karena oli motor matic berfungsi untuk melumasi mesin serta mendinginkannya agar tidak terjadi overheat. Saat mesin tidak terlumasi dengan baik atau suhunya terlalu tinggi, maka potensi motor tiba-tiba mogok akan naik. 

Oleh karena itu, memilih oli berkualitas adalah sebuah keharusan untuk menjaga performa motor matic. Tapi, tidak hanya itu saja, lho!

Selain memerhatikan kualitas oli, kamu juga wajib melihat berapa volume oli yang dibutuhkan oleh sebuah motor. Untuk motor matic, umumnya takaran yang dibutuhkan adalah 650 ml hingga 900 ml, tergantung dari merek dan tipe motor. Memangnya, apa yang terjadi kalau kamu isi oli motor kebanyakan?

4 Efek Samping Isi Oli Motor Matic secara Berlebih

Mengisi oli motor matic secara berlebihan ternyata memiliki efek samping yang buruk, lho! Biar NXPeople bisa lebih waspada, berikut ini adalah efek samping mengisi oli motor matic berlebihan:

1. Performa kualitas oli berkurang

Saat oli baru dimasukkan ke dalam mesin, umumnya oli tersebut hanya akan menggenangi pompa oli dan tidak sampai pada bagian poros engkol. Namun, jika pengisian oli terlalu banyak, komponen poros engkol juga akan terendam oleh oli. Lalu, apa akibatnya?

Poros engkol adalah sebuah komponen yang berputar saat mesin bekerja. Artinya, saat komponen tersebut terendam oli, maka putarannya memunculkan gelembung udara pada oli tersebut. Ibaratnya, seperti saat kamu mengaduk minuman dengan menggunakan sendok. Nah, gelembung udara ini menyebabkan daya lumas dari sebuah oli menurun, sehingga performa mesin jadi tidak maksimal.

2. Tarikan mesin terasa lebih berat

Saat poros engkol tenggelam, akibatnya tidak hanya muncul gelembung udara pada oli saja. Gerak poros engkol pun jadi lebih terhambat daripada biasanya. Padahal, poros engkol berfungsi untuk mengubah gerakan naik-turun dari piston menjadi gerak putar yang disalurkan pada ban. Akhirnya, RPM yang dihasilkan pun tidak maksimal dan tarikan mesin jadi terasa lebih berat.

3. Komponen mesin akan lebih mudah aus

Karena menurunnya kualitas pelumasan dari oli, maka pergesekan antar-komponen mesin pun jadi lebih kasar. Akibatnya, komponen mesin akan lebih mudah aus karena pergesekan tersebut. Inilah yang lama-kelamaan akan menyebabkan masalah pada mesin motor matic-mu dan menyebabkan motor bisa tiba-tiba mogok.

4. Lebih boros bensin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, isi oli motor kebanyakan bisa menyebabkan gerak poros engkol terhambat. Akhirnya, piston pun harus bekerja dengan keras untuk menggerakkan poros engkol tersebut. Semakin keras kerja sebuah piston, tentu saja konsumsi bensin atau bahan bakar yang dibutuhkan menjadi semakin boros.

Cara Mencegah Isi Oli Motor Kebanyakan

Biar NXPeople tidak mengisi oli motor matic terlalu banyak, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah cara mencegah mengisi oli motor terlalu banyak:

1. Ketahui kapasitas oli sepeda motor

Pertama, kamu harus tahu berapa kapasitas oli motor matic-mu. Selain mencari informasinya di buku panduan pemilik, NXPeople juga bisa memanfaatkan Google. Sebagai kisaran, motor matic modern yang “ramping” biasanya hanya membutuhkan 650 ml oli saja, sedangkan motor matic keluaran lama biasanya membutuhkan 800 ml bensin. Sedangkan untuk skuter maxi, biasanya membutuhkan 800-1000 ml oli mesin.

2. Ukur dengan tepat sebelum dituang

Kemudian, perhatikan volume yang tertera pada kemasan oli. Umumnya, oli motor matic memiliki ukuran kemasan 800 ml dan 1000 ml. Jika kapasitas motormu kurang atau lebih dari itu, gunakanlah gelas takar untuk memastikan kalau kamu memasukkan oli dengan volume yang tepat.

3. Pahami cara menguras kelebihan oli

Jika terlanjur memasukkan terlalu banyak oli, segera kuras kelebihan oli tersebut. Jika lebihnya tidak terlalu banyak, kamu cukup mengendurkan baut pengurasan oli dan membiarkan oli menetes secara perlahan ke wadah yang sudah disiapkan. Kalau kamu tidak yakin, cara terbaik adalah dengan menguras seluruh oli ke wadah bersih, kemudian menakarnya kembali sebelum dimasukkan ke dalam mesin.

 

Mengisi oli sesuai dengan kapasitas mesin adalah hal yang penting. Jadi, jangan sampai kamu terlalu banyak memasukkan oli, ya! Selain memperhatikan volume oli, jangan lupa juga untuk memperhatikan spesifikasi dan kualitas oli tersebut. Misalnya kalau NXPeople cari oli yang berkualitas dan mampu melindungi mesin skuter matic modern dengan baik, gunakan saja oli dari ENEOS NXP!

ENEOS NXP menyediakan oli yang telah dibuat khusus dengan formulasi Jepang dan sudah teruji di jalanan Indonesia. Jadi, tidak perlu diragukan lagi kalau ENEOS NXP adalah #RekomendasiAHLInyaOli. Mau tahu lebih lanjut soal spesifikasi oli dari ENEOS NXP? Kunjungi website resminya di sini! Ikuti juga Instagram @nxpoilindonesia untuk informasi terbaru seputar event, giveaway, dan berita lainnya seputar ENEOS NXP, ya!