Kenali Lebih Jauh 7 Fungsi Oli Mesin pada Kendaraan

Apakah anda tahu bahwa menggunakan oli pada kendaraan khususnya motor dan mobil memiliki fungsi yang cukup penting untuk dilakukan. Dimana fungsi oli tidak hanya bekerja sebagai pelumas mesin pada kendaraan.

Terdapat beberapa fungsi lain mengenai penggunaan oli mesin. Oli merupakan jenis fluida yang memiliki sifat yang cenderung kental dan dingin yang mampu melindungi mesin dan membantu kinerja kendaraan saat berjalan. Berikut beberapa fungsi lain yang perlu anda ketahui tentang oli mesin

Beberapa Fungsi Oli Mesin pada Kendaraan

  • Meredam Getaran pada kendaraan

Oli mesin juga memiliki fungsi untuk meredam getaran pada kendaraan dengan peredam kejutan. Dimana karakteristik oli yang dingin dan kental membuat oli memiliki fungsi untuk menyerap getaran dengan peredam kejutan yang terjadi ketika mesin sedang bekerja. 

Proses ini pun terjadi karena mesin mengalami tekanan yang tinggi. Adapun beberapa komponen mesin yang sering mengalami tekanan tinggi dimana seluruh komponen ini saling bekerja sama, diantaranya rolling bearing, roda gigi, dan ball bearing.

  • Meredakan energi panas yang ditimbulkan mesin

Ketika proses pembakaran mesin membutuhkan daya kalor yang keluar dari dalam mesin, oli memiliki peran penting dalam hal ini dimana oli menjaga mesin dalam keadaan stabil. Khususnya pada kendaraan yang menempuh jarak yang jauh. 

Pembakaran yang terjadi di dalam mesin memberikan akibat yang signifikan terhadap mesin, terlebih kondisi kalor di dalamnya akan semakin bertambah jika mesin lama digunakan. hal ini juga menimbulkan energi panas atau kalor semakin besar. Disinilah peran oli untuk meredam panas namun tidak menghilangkan panas secara menyeluruh.

  • Menjadi perekat masing-masing komponen mesin

Mesin merupakan sejumlah jenis komponen yang memiliki peran dan tugasnya masing-masing untuk menjalankan mesin kendaraan. Tugas antara satu dan yang lainnya saling berkaitan dan saling berkesinambungan satu sama lain.

Oli memiliki fungsi yang dibutuhkan setiap komponen mesin dan bertugas sebagai perekat seluruh perangkat mesin. Untuk mencegah adanya celah yang ditimbulkan karena adanya celah komponen saat menjalankan mesin.

  • Sebagai pelumas mesin kendaraan

Inilah fungsi utama dan fungsi oli yang sangat melekat pada kendaraan. Namun lebih tepatnya oli membantu melumasi seluruh komponen di dalam mesin. Kinerja tiap komponen dalam mesin perlu dibuat lebih ringan agar kerja mesin yang dihasilkan lebih maksimal.

Semakin ringan maka semakin cepat pula langkah kerja mesin, sehingga kondisi mesin sangat mempengaruhi hasil kerja. Disinilah peran oli sangat penting dalam menjalankan mesin kendaraan.

  • Dapat menghindari komponen mesin dari korosi

Bagian-bagian pada mesin tidak menjamin untuk terhindar dari polusi. Karena partikel polusi seperti debu, kotoran hingga air yang sifatnya sangat mudah masuk ke dalam celah body mesin, yang mana kotoran ini rentan menjadikan mesin karatan.

Karatan sendiri dapat diakibatkan karena adanya air dan kotoran yang bercampur dan menyebabkan karat. Fungsi oli disini untuk memberikan lapisan secara menyeluruh pada tiap komponen mesin yang ada. Oli dapat menangkap partikel polusi yang ada pada mesin.

  • Meminimalisir gesekan mesin

Semakin kecil gaya gesekan yang ditimbulkan dapat meminimalisir pertemuan antar permukaan atau gesekan komponen di dalam mesin. Gaya gesekan yang timbul juga tidak akan menimbulkan kerusakan pada bagian mesin. Oli memiliki fungsi untuk membuat permukaan yang licin sehingga menjadikan gesekan yang terjadi semakin minim.

  • Membersihkan Gram yang dihasilkan pembakaran mesin

Mesin akan melakukan pembakaran untuk menghasilkan energi pasokan dalam mesin agar kendaraan dapat beroperasi dengan baik. Hasil pembakaran perlu dikeluarkan dalam mesin agar kondisi di dalamnya tetap bersih. 

Dari faktor berikutlah oli berperan, hasil pembakaran mesin akan mengeluarkan zat buangan berupa gram, gram ini perlu dikeluarkan oleh oli mesin, sehingga tidak ada lagi kotoran yang menempel  bahkan menggumpal di dalam mesin